Buat Sistem Ventilasi Agar Rumah Sehat

Buat Sistem Ventilasi Agar Rumah Sehat. Sistem ventilasi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan suasana sehat dan menyegarkan pada rumah-rumah modern saat ini. 

Tanpa sebuah sistem ventilasi, rumah akan jauh dari suasana segar, menyebabkan kelembaban, bau, dan membentuk berbagai polutan lainnya di dalam rumah. Dengan kata lain, tanpa adanya sistem ventilasi, rumah akan terkontaminasi oleh banyak polutan dan kontaminan yang tentu akan berakibat sangat buruk. 

Jenis sistem ventilasi 

See the source image, sistem ventilasi
mico.co.nz

Sistem ventilasi memiliki beberapa jenis seperti seperti natural ventilation; exhaust-only mechanical ventilation; supply-only mechanical ventilation; balanced ventilation; dan juga balanced ventilation with heat recovery.

Sistem ventilasi rumah yang sehat pada rumah-rumah modern saat ini tidak dapat lagi mengandalkan sebuah aliran udara melalui lubang kecil atau retakan pada dinding, atap, atau bahkan jendela seperti pada desain dan konstruksi rumah-rumah zaman dulu, atau lebih dikenal sebagai sistem ventilasi natural. Jendela yang terbuka tidak menjamin pertukaran udara yang baik. 

Meski begitu tidak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan sistem ventilasi natural dengan berbagai kelebihannya. Sistem ventilasi alami semacam itu, walaupun tidak memberikan sesuatu yang maksimal, masih bisa menjadi pilihan asalkan dirancang secara cermat. Strategi kerjanya adalah harus ada perbedaan suhu yang sangat signifikan antara luar ruangan dan dalam ruangan, agar tercipta sebuah proses sirkulasi udara akibat dari perbedaan tekanan suhu dan mendorong sistem kerja ventilasi. 

Sistem mekanis atau natural 

See the source image, sistem ventilasi
tophomezones.com

Mengutip dari perkataan pendiri BuildingGrenn.inc Alex Wilson mengatakan: “bahwa saat ini semua rumah harus memiliki sistem ventilasi mekanis. Dengan keadaan rumah yang lebih terisolasi dan ketat, ventilasi menjadi semakin penting”. Alex sangat menyarankan dan merekomendasikan sistem ventilasi seimbang alias balance ventilation karena sistem ini cocok untuk semua iklim. 

Namun sistem mekanis membutuhkan banyak sekali energi, terutama biaya dan juga tidak mudah diinstal pada sebuah rumah. Hal ini tentunya membutuhkan rancangan oleh seorang engineer yang benar-benar ahli. Namun, semua itu tentu sepadan. Demi mendapatkan sistem ventilasi rumah yang sehat, sistem mekanis merupakan pilihan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *