Tanam Pohon Berikut Agar Rumah Sejuk

Tanam Pohon Berikut Agar Rumah Sejuk. Di indonesia kamu siap menghadapi teriknya matahari. Tidak hanya di luar ruangan saja, namun juga di dalam ruangan. Dengan memasang AC atau pendingin ruangan sering menjadi alternatif untuk membuat rumah cepat sejuk. Namun solusi ini membuat biaya listrik membengkak dan tidak ramah untuk lingkungan.

Nah, solusi terbaik untuk membuat rumah sejuk adalah dengan menanam pohon yang sekiranya meneduh di sekitar rumah. Pohon-pohon memiliki daun yang akan menghalang sinar matahari, debu, bahkan polusi suara.

Jika kamu tertarik, berikut beberapa pohon yang bisa kamu gunakan untuk menyejukkan rumah.

See the source image, tanam pohon
pinterest.com

Pohon Kersen

Pohon kersen dapat tumbuh subur dalam waktu yang singkat tanpa perlu diberi pupuk atau disiram setiap hari.  Batang pohon peneduh ini berukuran sedang dan agak lentur sehingga tidak mudah patah saat tertiup angin kencang. Daunnya pun hijau dan rimbun sehingga rumah akan terasa sejuk. Tinggi pohon peneduh ini bisa mencapai 12 meter.

Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya disebut-sebut sebagai saingannya pohon sakura. Apabila kamu menginginkan rumah yang sejuk sekaligus cantik, kamu bisa menggunakan pohon ini bisa menjadi solusi. Tinggi pohon peneduh tabebuya dapat mencapai delapan meter dan daunnya tidak mudah rontok. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot menyapu halaman.

Pohon Pucuk Merah

Daun-daun berwarna merah di musim gugur terlihat sangat cantik, ya. Sayangnya, di Indonesia tidak ada musim gugur. Namun, ada pohon peneduh pucuk merah yang bisa menciptakan suasana serupa. Pada musim kemarau, bagian atas daun pohon peneduh ini akan berubah menjadi kemerahan dan tumbuh sangat lebat. Pohon peneduh ini pun memiliki batang yang ramping.

Pohon peneduh pucuk merah juga ada yang ukurannya kecil sehingga sangat cantik untuk dijadikan sebagai “pagar” rumah.

Pohon Angsana

Pohon angsana terkenal sebagai pohon peneduh jalanan. Namun, pohon peneduh ini tidak menutup kemungkinan untuk ditanam di sekitar rumah. Daun hijau dan bunga yang berwarna kuning bisa menambah kecantikan di sekitar rumah.

Pada perkebunan khusus, pohon peneduh angsana dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 40 meter. Namun, pohon peneduh angsana yang ada di pinggir jalan atau rumah tidak akan tumbuh setinggi itu karena merupakan hasil stek. Apabila ada angin kencang, kamu perlu berhati-hati karena pohon peneduh ini rawan tumbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *