Tips Memilih Tanaman Hias Outdoor

Tips Memilih Tanaman Hias Outdoor. Memilih tanaman hias outdoor perlu mempertimbangakan berbagai aspek. Memilih tanaman bisa dapat membuat rumah hijau dan dapat memberikan manfaat jika memilih tanaman yang sesuai. Jika kamu berminat memiliki tanaman hias di luar rumah, simak tips memilih tanaman berikut ini :

tanaman hias outdoor
pinterest.com

Pertimbangkan Iklim dan Lingkungan

Iklim dan kondisi lingkungan tempat tinggal merupakan faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam memilih tanaman outdoor. Indonesia memiliki iklim tropis yang hangat dan lembab. Oleh karena itu, tanaman yang cocok untuk iklim tropis adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di lingkungan yang panas dan lembab.

Kebutuhan Tanaman

Selain iklim dan kondisi lingkungan, kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan tanaman seperti cahaya matahari, suhu, dan drainase tanah. Ke tiga faktor tersebut memiliki faktor penting seperti cahaya matahari untuk fotosintesis. Kisaran suhu optimum untuk tumbuh dan berkembang antara 25-35 derajat Celcius. Lalu memiliki drainase yang baik agar akarnya tidak membusuk

Untuk kebutuhan cahaya matahari terbagi menjadi tiga yaitu:

Tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh: Tanaman-tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung selama minimal 6 jam sehari. Contoh tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh adalah bougenville, mawar, dan melati.

Tanaman yang membutuhkan sinar matahari sebagian : Tanaman-tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung selama 3-6 jam sehari. Contoh tanaman yang membutuhkan sinar matahari sebagian adalah lidah mertua dan pakis.

Tanaman yang membutuhkan tempat teduh : Tanaman-tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Contoh tanaman yang membutuhkan tempat teduh adalah janda bolong dan anggrek.

Gaya Tanaman

Selain faktor-faktor di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan gaya taman yang kamu inginkan. Ada berbagai gaya taman yang bisa kamu pilih, misalnya seperti minimalis dan tropis:

Taman minimalis : Taman ini cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Taman minimalis biasanya menggunakan tanaman-tanaman kecil dan sedikit, seperti kaktus, sukulen, atau bonsai. Taman minimalis juga menggunakan elemen-elemen seperti batu, kerikil, atau pasir untuk memberikan kesan rapi dan sederhana.

Taman tropis : Taman ini cocok untuk rumah dengan lahan luas. Taman tropis biasanya menggunakan tanaman-tanaman besar dan banyak, seperti palem, pisang, atau bambu. Taman tropis juga menggunakan elemen-elemen seperti air terjun, kolam, atau patung untuk memberikan kesan alami dan segar.

Ingin membangun rumah, percayakan kepada kami, pesan sekarang juga dengan mengklik kata ini “Saya ingin bangun rumah“. Cek juga artikel lainnya di jasabangunrumah.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *