Penyebab Token Listrik Reject dan Cara Mengatasinya

Penyebab Token Listrik Reject dan Cara Mengatasinya. Saat mengisi listrik prabayar, banyak yang token listriknya ke reject (gagal). Tentu, akan kesal bukan, terlebih listrik merupakan kebutuhan utama untuk melakukan berbagai hal seperti menyalakan lampu. Lantas, gimana cara mengetahui penyebab dan cara mengatasinya? Simak ulasannya di bawah ini : 

credo.id

Penyebab

Pesan “reject” yang keluar saat mengisi token listrik, namun salah dalam memasukkan nomor token. Jika kamu salah memasukkan token sebanyak 3 kali, hal itu bisa mengakibatkan meteran terblokir. Namun, jangan terlalu khawatir, pesan “reject” ini sebenarnya tidak berbahaya, hanya sebagai pengingat agar kita lebih hati-hati saat memasukkan token.

Biasanya, pesan “reject” ini muncul karena kita terlalu tergesa-gesa atau kurang teliti saat memasukkan nomor token. Sebuah kesalahan satu angka bisa membuat perbedaan besar. Selain itu, pesan ini juga bisa terjadi jika server PLN mengalami gangguan. Jadi, jangan khawatir, kalau itu bukan selalu salah kita.

Terakhir, jika ada perubahan daya listrik di rumah kita yang belum selesai, hal itu juga bisa menjadi penyebab pesan “reject” ini terus muncul. Pastikan perubahan daya telah selesai sebelum mencoba lagi.

Cara Mengatasi

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, cara mengatasi pesan “reject” pada saat pengisian token sesuai dengan permasalahannya, hal bisa dilakukan yaitu : 

  1. Masukkan Ulang Token dengan Seksama

Coba lagi dengan teliti, Masukkan nomor token dengan benar dan hati-hati. Kalau kamu tidak yakin atau salah saat memasukkan 20 digit angka, tekan tombol “Backspace” untuk menghapusnya. Setelah menghapus masukkan nomor token dengan perlahan. Tekan “Accept” kalau sudah yakin semuanya benar. Dengan begitu, pesan “reject” tidak akan muncul lagi.

  1. Menghubungi PLN

Kalau token listrik masih terdapat pesan “reject” coba hubungi call center PLN. Bisa juga lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Jika memang lewat sosial media nihil, bisa juga menghubungi lewat nomor 123. Langkah-langkahnya sederhana:

  1. Buka menu telepon di HP.
  2. Masukkan kode telepon daerah lalu nomor 123.
  3. Pilih menu pengaduan layanan.
  4. Katakan bahwa kamu punya masalah dengan token listrik yang gagal terus.
  5. Petugas akan memeriksa data kamu.
  6. Mereka akan memberikan petunjuk.
  7. Catat nomor laporan untuk bukti pengaduan.
  8. Berikan nomor HP atau rumah kamu agar mereka bisa menghubungi kembali.
  9. Petugas akan menghubungi kamu ketika laporan telah diproses. 

Namun jika kamu punya waktu luang dan dekat dengan kantor PLN, lebih baik datangi secara langsung untuk mengajukan pengaduan. Cara ini lebih efektif dan biasanya akan diproses lebih cepat.

Ingin membangun rumah, percayakan kepada kami, pesan sekarang juga dengan mengklik kata ini “Saya ingin bangun rumah“. Cek juga artikel lainnya di jasabangunrumah.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *