Cara Sederhana Atasi Kunci Pintu Macet

Cara Sederhana Atasi Kunci Pintu Macet. Pada saat memasuki rumah, mungkin ada kalanya kamu mendapati kunci pintu macet. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Namun tenang, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah ini.

Gunakan Oli atau Pembersih Karat

Kunci rumah yang macet umumnya disebabkan karena terdapat karat pada lubang kunci. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan oli atau pembersih karat. Oli atau pembersih karat efektif untuk mengatasi kunci yang macet karena mereka berfungsi sebagai pelumas dan melunakkan karat. 

Cara mengatasinya adalah dengan menyemprotkan oli atau pembersih karat pada kunci yang macet, biarkan meresap, lalu perlahan-lahan coba putar kunci. Jika masih macet, ulangi proses dan bersihkan sisa karat jika perlu. 

Menggunakan Obeng dan Sekrup

kunci pintu macet dengan obeng dan scrup
thoughtco.com

Obeng dan sekrup bisa mengatasi kunci yang macet karena mereka memberikan torsi ekstra. Caranya adalah : 

  1. Lepas sekrup yang terletak pada sisi dalam kunci pada handle pintu.
  2. Ganti kunci yang lama dengan kunci baru yang memiliki ukuran persis seperti kunci sebelumnya.
  3. Pasang kunci yang baru dengan cara memasukkan batang besi pada posisi lubang handle dan pasang sekrup-sekrup dari badan kunci.
  4. Pasang handle kunci kembali dengan cara disekrup pada posisi lubang yang sudah tersedia.

Jika cara sederhana di atas nggak mengatasi kunci macet, solusi terakhir yaitu memanggil tenaga profesional. Karena cara ini aman dan paling mudah yang bisa dilakukan. Jika memang sudah kepepet, gunakan cara kasar yaitu dengan mendobrak. 

Cara agar aman saat mendobrak pintu yaitu Berdiri dengan posisi tegak, Buka kaki selebar bahu dan tekuk lutut sedikit, Tahan lengan pada tembok dan pegang dengan sekuat tenaga, dan Dobrak pintu menggunakan badan. Cara lainnya dengan menendang tepat di area sebelah kunci dengan sekuat tenaga.

Ingin membangun rumah, percayakan kepada kami, pesan sekarang juga dengan mengklik kata ini “Saya ingin bangun rumah“. Cek juga artikel lainnya di jasabangunrumah.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *