Tanda – Tanda Adanya Rayap di Rumah, Penting Agar Furnitur Aman

Tanda – Tanda Adanya Rayap di Rumah, Penting Agar Furnitur Aman. Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang cukup membuat rumah berbahaya. Pasalnya mereka sering kali memakan furnitur yang berbahan kayu dan membuat penggunanya rentan rusak. Untuk itu, kamu perlu memastikan hunian terbebas dari rayap ini.

Agar rumah tidak kedatangan rayap, kamu perlu tahu tanda-tanda adanya serangga ini berikut : 

tanda adanya rayap "kayu berlubang"
nobleroof.com

Material Kayu Mulai Berlubang

Ini merupakan tanda paling umum jika rayap ada di dalam rumah. Lubang-lubang yang dibuat oleh rayap ini akan membentuk galeri (ruang kosong) pada furnitur. Maka dari itu, sesekali periksalah furnitur kayu mungkin saja sudah mulai dimakan rayap.

Kamu mendengar bunyi sobekan kertas

Jika kamu sering mendengar suara-suara aneh di rumah seperti suara sobekan kertas, itu tandanya sudah ada rayap di sekelilingmu. Tak jarang suara ini dibarengan dengan bunyi “tap tap”. Suara ini berasal dari koloni rayap yang menggerogoti kayu. 

Jika kamu mendengar suara ini, segera cari sumber suara, tandai area yang ada suaranya, lalu obati.

cleanipedia.com

Munculnya Gundukan

Saat kamu sedang membersihkan rumah, pastikan kamu mencermati area lantai di sekitar furniture. Jika kamu menemukan gundukan seperti pasir, itu tandanya dirumah kamu ada rayap. Karena serangga satu ini sering meninggalkan  kotoran atau feses yang menumpuk seperti serpihan kayu setelah mereka selesai melakukan penyerangan. 

Selain di sekeliling lantai, dinding juga perlu kamu perhatikan. Jika ada Earthen Packing yang berbentuk mud tubes atau lorongan kecil. Itu artinya rayap sudah masuk ke dalam pondasi rumah. 

Terakhir, Dinding Terdengar Kosong

Pada tanda sebelumnya, kita tahu jika rayap bisa saja memakan pondasi dinding. Jika kamu menemukan Earthen Packing, langsung bersihkan lalu ketuk dinding. Jika terdengar keropong, brarti di dalam dinding masih ada serangga rayap ini. Segera cari cara mengusir rayap yang efektif untuk menyelamatkan pondasi hunian. Jangan sampai kebolongan dinding terlalu parah sampai harus kamu bongkar sepenuhnya.

Ingin membangun rumah, percayakan kepada kami, pesan sekarang juga dengan mengklik kata ini “Saya ingin bangun rumah“. Cek juga artikel lainnya di jasabangunrumah.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *