Alasan Kenapa Kelabang Masuk ke Rumah dan Cara Mencegahnya

Alasan Kenapa Kelabang Masuk ke Rumah dan Cara Mencegahnya. Mungkin banyak masyarakat yang mengidentifikasikan kelabang yang masuk ke dalam rumah merupakan hal mistis. Terlebih keberadaannya sering menimbulkan rasa takut dan jijik bagi banyak orang. Padahal kemunculan hewan ini dapat dijelaskan secara rasional kenapa bisa ada di dalam rumah.

Lalu, kenapa kelabang bisa masuk ke dalam rumah kita? Dan bagaimana cara menangkalnya? Berikut ini adalah beberapa alasan dan solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kelabang masuk ke dalam rumah.

Alasan Kelabang Bisa Masuk Rumah

kelabang masuk ke rumah
suntrics.com

Kelembaban Rumah

Kelabang adalah hewan yang menyukai lingkungan yang lembab, karena mereka tidak bisa bertahan lama di tempat yang kering. Jika rumah kita memiliki area sudut ruangan yang lembab, maka kemungkinan besar kelabang akan datang. Beberapa tempat lembap yang biasa dihinggapi kelabang adalah:

  • Keran air yang bocor
  • Kamar mandi
  • Kolong tempat tidur
  • Lemari pakaian
  • Gudang
  • Tumpukan barang bekas

Mencari Makanan

Kelabang adalah hewan karnivora yang memakan serangga dan hewan kecil lainnya. Jika rumah kita banyak terdapat serangga seperti kecoa, lalat, ngengat, semut, atau rayap, maka kelabang akan tertarik untuk berburu di sana. Kelabang juga bisa memakan laba-laba, cacing, kadal, ular, burung, dan katak.

Celah dan Lubang

Kelabang adalah hewan yang lincah dan gesit, sehingga mereka bisa masuk ke dalam rumah melalui celah dan lubang yang ada pada dinding, pintu, jendela, atau atap. Kelabang juga bisa masuk melalui saluran air atau ventilasi. Jika rumah kita memiliki banyak celah dan lubang, maka kelabang akan mudah menemukan jalan masuk.

Mencari Tempat Persembunyian

Beberapa jenis kelabang mencari tempat persembunyian di dalam rumah untuk berlindung dari predator atau untuk berkembang biak. Beberapa area yang cukup sering menjadi tempat persembunyian seperti furnitur kayu, bahan bangunan, tempat sampah hingga tanaman.

Cara Menangkal Kelabang Masuk ke Dalam Rumah

kelabang masuk ke rumah
ask2.extension.org

Cara pertama untuk mencegah kelabang masuk ke dalam rumah adalah dengan menjaga rumah tetap kering. Cara kedua untuk mencegah kelabang masuk ke dalam rumah adalah dengan menyingkirkan sumber makanan mereka. Cara ketiga untuk mencegah kelabang masuk ke dalam rumah adalah dengan menutup celah dan lubang yang ada pada rumah. Jangan lupa untuk mengelola sampah dengan baik dan menutupnya dengan rapat agar tidak ada serangga dan kelabang yang bersembunyi di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *