Cara Menghemat Air yang Jarang diketahui

Cara Menghemat Air yang Jarang diketahui. Air merupakan kebutuhan primer yang diperlukan untuk berbagai hal, seperti untuk membersihkan diri, menyiram toilet, digunakan untuk air minum hingga menyiram tanaman. Namun kamu perlu menggunakan air secara hati-hati agar nantinya biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. Selain itu kelestarian air juga bisa terjaga dan tetap bersih.

Karena pentingnya air untuk kehidupan, kamu perlu menghemat air dengan melakukan berbagai cara di bawah ini. Caranya sederhana loh!

cara menghemat air
davisplumbingservice.com

Menampung air dengan baskom 

Jika kamu dirumah, ada baiknya kamu menampung air di baskom, hal ini bisa membuat hemat air yang kamu gunakan dan menjadi solusi jika sewaktu-waktu air kran mati. Dengan menggunakan air yang ada di baskom, kamu bisa menekan jumlah air yang digunakan. Jika kamu hanya mempunyai kamar mandi berukuran kecil, kamu bisa menggunakan tandon yang diletakkan di luar atau di atas rumah.

Jangan lupa mematikan keran

Jangan ditanya jika dirumah ada saja orang yang membuka kran air lalu lupa mematikannya. Air ini akan terbuang sia-sia yang mengakibatkan tagihan membengkak.  Dengan mematikan keran ketika tidak digunakan, kamu juga membantu melindungi sumber daya air bersih yang semakin terbatas. 

Pasang aerator di keran

Aerator adalah alat yang berfungsi untuk mengurangi debit air yang keluar dari keran dengan cara mencampurkan udara ke dalam aliran air. Tujuan utamanya adalah menghemat air dan energi dengan cara mengatur aliran air yang keluar dari kran. Dengan begitu, kita bisa mengurangi penggunaan air tanpa mengurangi tekanan atau kualitas air.

Cek saluran air secara rutin

Penting untuk secara rutin memeriksa saluran air di rumahmu. Hal ini tidak hanya untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar, tetapi juga untuk menghemat air dari kran. Memeriksa saluran air dengan berkala bisa membantu kamu menemukan kebocoran dengan cepat. Jika kebocoran terjadi, segeralah tangani agar air tidak terbuang dengan percuma. Dengan memeriksa dan memastikan secara rutin, hal ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *