Cara Efektif Menggunakan Plester Dinding, Hemat!

Cara Efektif Menggunakan Plester Dinding, Hemat!. Plester dinding adalah tahapan finishing yang dilakukan pada tahap awal dengan cara melapisi permukaan dinding dengan bahan plesteran. Proses plesteran dilakukan sebelum pengerjaan acian dinding agar hasilnya makin rapi. Tujuan plester dinding untuk memberikan penampilan yang lebih halus, rata, dan estetis pada dinding. 

Namun, proses plester dinding dapat memakan waktu dan biaya yang cukup besar jika tidak dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan plester dinding secara efektif agar hemat waktu, tenaga, dan biaya. Simak tips menghemat bahan plesteran dinding di bawah ini!

pinterest.com

Campurkan Sesuai Takaran

Cara menghemat bahan plesteran dinding adalah dengan mencampurkan bahan plester sesuai takaran yang direkomendasikan. Pastikan untuk membuat bahan plesteran yang terdiri dari air, pasir, dan semen dengan perbandingan yang tepat.

Jangan membuat campuran terlalu kental atau encer karena dapat menyebabkan pemborosan bahan. Apalagi jika kamu tidak yakin seberapa banyak adonan yang dibutuhkan.

Gunakan Bahan Campuran Tambahan

Selain bahan utama plester, kamu dapat menggunakan bahan campuran tambahan untuk menghemat biaya dan meningkatkan kualitas plester. Bahan yang bisa kamu tambahkan diantaranya adalah tepung batu kapur (mill), pasir halus, serat kaca, atau serat kelapa. 

Bahan tambahan ini bisa ditambahkan ke dalam adonan dengan perbandingan 1:3 yaitu setiap 1 kg bahan semen dicampur dengan 3 kg. Bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan daya rekat plester, mengurangi retak, dan meningkatkan kekuatan plester secara keseluruhan.

Plester Dinding
pinterest.com

Perhatikan Ketebalan Plesteran

Untuk menghemat bahan plesteran yang digunakan maka perhatikan tebal plesteran dinding. Ketebalan plester yang tepat sangat penting untuk menghemat bahan dan mencapai hasil yang baik. Pastikan untuk menyesuaikan ketebalan plester sesuai dengan permukaan dinding yang akan diplester. 

Ketebalan plester dinding yang bagus berkisar 10 mm atau 15 mm. Hindari memberikan plester terlalu tebal atau terlalu tipis, karena kedua kondisi ini dapat mengakibatkan hasil yang tidak maksimal dan menyebabkan pemborosan bahan.

Perhatikan Teknik Plesteran 

Cara menghemat bahan plesteran dinding adalah memperhatikan teknis plester dinding. Teknik plester yang tepat juga berpengaruh pada hasil akhir dan penggunaan bahan yang efisien. Pelajari cara plester dinding yang efisien agar bahan yang digunakan menempel sempurna dan tidak mudah rontok. Hindari mengulang proses penerapan berulang kali, karena hal ini akan menghabiskan bahan tanpa alasan yang jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *