Bahaya Jika Garasi Lembab

Bahaya Jika Garasi Lembab. Garasi lembab merupakan masalah serius yang bisa mengakibatkan sejumlah konsekuensi negatif pada area penyimpanan kendaraan kamu. Ketika garasi memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, beberapa masalah potensial dapat muncul, seperti berikut :

diyprojectsandstuff.blogspot.com

Mesin Berkarat

Kelembaban yang tinggi di garasi dapat menyebabkan kondisi yang ideal bagi korosi yang dapat mengakibatkan karat pada mesin kendaraan. Bagian-bagian logam pada mesin rentan terhadap kerusakan akibat kelembaban berlebih. Karat pada mesin dapat mengurangi kinerja dan masa pakai mesin, sehingga menyebabkan biaya perbaikan dan perawatan yang lebih tinggi.

Tumbuhnya Jamur

Selain bisa memanggil korosi, Kelembaban yang tinggi juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur di garasi. Jamur tidak hanya merusak struktur dan permukaan dinding, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti alergi dan infeksi pernapasan jika terhirup oleh penghuni rumah.

garasi lembab
plasteranddisaster.com

Bahaya Kesehatan

Kelembaban berlebih di garasi tidak hanya menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri, namun juga dapat berdampak pada kesehatan. Masalah kesehatan yang bisa saja terjadi seperti iritasi mata, hidung, tenggorokan, dan gangguan pernapasan. Jika kamu memiliki penghuni rumah yang memiliki alergi atau masalah pernapasan seperti asma akan lebih rentan dan bisa jadi tambah buruk.

Dinding Retak

Tingkat kelembaban yang tinggi dapat merusak struktur dinding garasi. Kelembaban yang menyerap ke dalam dinding dapat menyebabkan dinding menjadi lemah dan retak. Retakan pada dinding tidak hanya mengurangi keindahan estetika garasi, tetapi juga mengancam kestabilan dan keselamatan garasi itu sendiri.

garasi lembab
diyallday.com

Menjadi Sarang Penyakit

Garasi lembab dapat menjadi tempat ideal bagi serangga dan hewan kecil lainnya untuk tinggal. Hewan dan serangga seperti tikus, laba-laba, dan serangga lainnya dapat menjadi biang masalah kesehatan. Selain itu, hewan atau serangga tersebut dapat merusak barang-barang yang tersimpan di dalam garasi dan membuat berantakan.

Cepat Kotor

Kelembaban tinggi di garasi menyebabkan debu dan kotoran lebih mudah menempel pada permukaan. Hal ini membuat benda apa saja yang ada di garasi menjadi cepat kotor.  Selain itu membuat ruangan terlihat tidak rapi yang akhirnya memerlukan lebih banyak waktu dan usaha untuk membersihkannya secara keseluruhan.

Tips Untuk Mengatasi Lembab

Pastikan garasi memiliki ventilasi yang baik untuk mengalirkan udara segar dan mengurangi kelembaban. Selain itu, instalasi pengering udara atau penggunaan penghilang kelembaban dapat membantu mengendalikan tingkat kelembaban di dalam garasi. Periksa dan perbaiki retakan pada dinding serta pastikan untuk membersihkan garasi secara teratur untuk mencegah tumbuhnya jamur dan menjaga kebersihan ruangan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *