Teknik Profesional Menutup Plafon Gypsum

Teknik Profesional Menutup Plafon Gypsum. Plafon interior saat ini lebih dominan menggunakan gypsum terutama rumah satu lantai. Plafon gypsum dipilih karena kemudahannya untuk disesuaikan dengan keadaan dan mudah untuk dipasang karena berbentuk lembaran (tetap memerlukan 2 orang atau lebih).

Pada saat memasang plafon gypsum, pastikan rapet dan tak ada cela yang tersisa. Celah-celah ini bisa merusak tampilan plafon dan terlihat kurang rapi. Untuk itu, kamu perlu menutup sambungan gypsum, cara yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah :

aquaticaplus.com

Alat dan Bahan

  • Pisau serbaguna
  • Compound (bahan dempul plafon)
  • Amplas
  • Kuas atau Roll Cat
  • Kain lembut
menutup plafon gypsum
doityourself.com

Bersihkan Plafon

Langkah pertama adalah membersihkan plafon gypsum dari debu, kotoran, atau lapisan cat yang telah mengelupas di sekitar area yang akan diperbaiki. Gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air. Bersihkan permukaan plafon dengan hati-hati. 

Note : Pastikan plafon dalam keadaan kering sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.

Ini Celah-Celah dengan Compound

Setelah plafon dalam keadaan bersih dan kering, selanjutnya adalah mengisi celah-celah atau retak pada plafon gypsum menggunakan compound. Ambil compound secukupnya, lalu oleskan dengan menggunakan pisau serbaguna pada area yang ingin diperbaiki. Pastikan compound yang diaplikasikan cukup tebal untuk mengisi celah secara menyeluruh.

Tunggu Hingga Mengering

Setelah mengisi celah dengan compound, beri waktu untuk compound tersebut mengering. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pengeringan tergantung pada jenis compound yang kamu gunakan dan kondisi suhu serta kelembaban ruangan. Pastikan compound benar-benar kering dan mengeras sebelum melanjutkan langkah berikutnya.

Haluskan Compound dengan Amplas

Setelah compound kering, langkah selanjutnya adalah meratakan permukaan compound dengan menggunakan amplas. Ambil amplas lalu gosokkan secara perlahan-lahan hingga menjadi rata dengan permukaan plafon. Pada saat menggosok, pastikan kamu tidak menekan terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada plafon.

Ulangi Cara di Atas

Jika hasil perbaikan pada celah-celah plafon belum cukup rata dan mulus, kamu dapat mengulangi langkah-langkah di atas. Ulangi proses-prosesnya hingga seluruh celah-celah pada plafon gypsum terisi dan permukaannya menjadi rata dan halus.

Finishing

Setelah permukaan plafon gypsum sudah rata dan halus, langkah terakhir adalah mengecat ulang plafon pada bagian yang telah diperbaiki. Gunakan cat dengan warna plafon sesuai, lalu aplikasikan secara merata menggunakan kuas atau rol cat. Pastikan kamu mengaplikasikan cat dengan baik dan tidak terlalu tebal untuk menghindari bekas-bekas cat yang tidak rata.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatasi celah-celah pada plafon gypsum dengan baik dan mengembalikan keindahan serta kualitas ruangan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *