Ukuran Standar Pintu, Tinggi dan Lebar

Ukuran Standar Pintu, Tinggi dan Lebar. Pintu rumah adalah salah satu elemen penting dalam desain rumah yang berperan penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan rumah. Dimensi pintu juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam merancang interior rumah. Berikut ukuran standar tinggi dan lebar pintu rumah yang umum digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia :

ukuran standar pintu
decoalert.com (ilustrasi pengukuran pintu)

Ukuran Lebar Pintu

Lebar pintu rumah biasanya bervariasi antara 80 -100 cm. Namun demi memenuhi aksesibilitas bagi orang yang menggunakan kursi roda, standar lebar pintu yang disarankan sebesar 90-100 cm. Memiliki pintu yang cukup lebar akan membuat mudah untuk memindahkan perabotan besar atau mobil keluar masuk dari rumah.

Ukuran Tinggi Pintu

Ukuran tinggi pintu biasanya bervariasi antara 200-220 cm. Namun, jika keseluruhan rumah tersebut mempunyai plafon yang tinggi, tinggi pintu dapat dibuat lebih tinggi dari 220 cm untuk menciptakan ruang ilusi.

Ketinggian Pintu

Ketinggian pintu dari lantai biasanya pada kisaran 15-25 cm. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi bangunan. Pada umumnya pintu dibuat cukup tinggi dari lantai untuk memudahkan aksesibilitas bagi pejalan kaki dan memperkecil risiko terkena banjir air.

Ukuran Pintu Kamar Mandi

Ukuran pintu kamar mandi umumnya lebih kecil dari ukuran pintu utama dengan lebar 60-70 cm dan tinggi 200-210 cm.

Dengan mengetahui standar ukuran tinggi dan lebar pintu rumah, dapat membantu kamu dalam merencanakan desain interior rumah yang lebih baik. Pilihlah pintu yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran bangunan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan juga memilih pintu yang berkualitas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *