Mengusir Semut yang Ampuh di Rumah

Mengusir Semut yang Ampuh di Rumah. Semut merupakan serangga yang sering datang dari adanya area manis di dalam rumah. Jika semut sudah terlalu banyak populasinya, kamu perlu membasmi semut tersebut. Namun sebelum itu, penting untuk kamu menyiapkan strategi yang tepat untuk jenis semut yang akan kamu basmi. Hal terpenting dalam membasmi semut diantaranya adalah : 

Basmi Ratu Semut, Bukan Para Pekerja

mengusir semut

pinterest.com

Agar semut bisa langsung minggir, kamu perlu bisa membedakan koloni dan ratu semut. Untuk memudahkan, ratu semut hanya tinggal dalam sarang, diberi makan oleh para pekerja yang berkeliaran di luar sana, lalu terus memproduksi lebih banyak semut. Jadi ketika kamu bisa menyemprot semut yang terlihat di luar, hal itu tidak akan terlalu berpengaruh besar. Jika kamu menyemprot dan membunuh semut tersebut, koloni hanya akan mengirim lebih banyak pekerja dan kamu tidak akan pernah mencapai ratu.

Memasang Perangkap Semut

mengusir semut

houseandhammer.com

Cobalah untuk mengamati di mana area semut sering bergerombol. Jika kamu sudah menemukan area tersebut, saatnya menaruh perangkap di sana. Taruh di sejumlah titik yang rentan digerayangi semut. Semisal bawah rak cuci piring, dekat tempat sampah, dan lainnya. Pastikan untuk menggunakan asam borat sebagai bahan utama perangkap semut. Asam borat adalah bahan yang sepenuhnya alami dan ampuh membasmi semut. Saat mencerna asam borat, semut akan keracunan dan mati.

Asam borat juga merusak kulit luar semut sebagaimana tanah diatom. Bahan yang satu ini tersedia dalam bentuk bubuk putih atau biru. Tak hanya di dalam, kamu juga dapat meletakkan perangkap ini di luar rumah seperti area dekat tempat sampah.

Rajin Membersihkan Rumah

pinterest.com

Sekalipun menggunakan cara yang paling ampuh, semua akan sia-sia jika kita abai membersihkan rumah. Sanitasi misalnya, sangat penting untuk pencegahan dan pengendalian hama apapun. Seperti semua makhluk hidup, semut membutuhkan air, makanan, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup.

Sebagai langkah awal, pastikan agar semua makanan tertutup, lantai jauh dari kotoran, dan segala permukaan di rumah telah kamu bersihkan. Saat bulan-bulan musim hujan, semut paling sering berusaha untuk masuk ke dalam rumah. Maka dari itu, membersihkan ruangan adalah cara ampuh agar dia enggan masuk dan mencari tempat lain. Hal tersebut bakal sangat membantu menangkal semut agar tidak datang. Jika tidak mencium bau makanan, semut enggan tertarik untuk masuk ke rumah.

Note : Sebisa mungkin, hindari cara mengusir semut dengan bahan kimia. Faktanya, hal tersebut bakal berdampak buruk pada kesehatan tubuh kamu dan anggota keluarga lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *