Trik Menyimpan Semen agar Kualitas Tetap Terjaga

Trik Menyimpan Semen agar Kualitas Tetap Terjaga. Saat berencana membangun atau merenovasi rumah, banyak orang yang membeli semen dengan jumlah yang banyak. Terkadang semen-semen ini diletakkan di sembarang tempat yang membuat kualitas semen menurun atau bisa jadi jelek. Agar hal itu tidak terjadi, simak cara menyimpan semen berikut ini agar kualitas tetap terjaga.

Simpan Semen di Ruang Tertutup dan Jaga Sirkulasi Udara

menyimpan semen
bing.com

Menyimpan semen di ruangan tertutup akan meminimalisir kerusakan dan membuat semen tidak mudah mengeras. Selain itu, ruang tertutup juga memungkinkan semen terhindar dari paparan sinar matahari dan air hujan.

Selain itu perhatikan juga sirkulasi udara dalam ruangan juga cukup penting ketika kamu menyimpan semen. Apabila kamu menempatkan semen dengan material lain, usahakan untuk memberikan jarak yang cukup agar sirkulasi udara tetap terjaga. Pastikan pula ruangan tersebut tidak lembab.

Note : Sebisa mungkin bersihkan ruangan untuk menyimpan secara berkala. Hal ini guna menjaga kualitas semen tetap terjaga.

Memberikan Alas pada Tumpukan Semen

menyimpan semen
pinterest.com

Banyak yang tidak menyadari ketika menyimpan semen, sebagian orang menaruhnya dengan langsung menyentuhkan semen tersebut ke permukaan tanah atau lantai secara langsung. Padahal, semen yang kita simpan berpotensi terkena air.

Maka dari itu, gunakanlah alas pada tumpukan semen, yakni berupa papan kayu dengan ukuran 150 sampai 200 mm di atas lantai atau tanah. Jika dirasa perlu, tutup dengan kain yang cukup tebal atau terpal supaya terhindar dari sinar matahari.

Tumpuk secara Menyilang

Cara menyimpan semen yang baik dan benar dengan menumpuk secara menyilang bisa jadi dianggap tidak memengaruhi kualitas. Jangan salah, agar tahan lama dan tidak mudah jatuh, menumpuk semen secara menyilang adalah langkah yang sangat dianjurkan.

Selain itu, hal ini juga bisa membuat semen terhindar dari kelembaban yang diakibatkan oleh uap air yang terperangkap. Adapun tinggi tumpukan semen mesti kamu perhatikan, Jangan sampai semen menumpuk lebih dari 15 sak guna menghindari terjadinya kebocoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *