Cara Menghitung Luas Bangunan Benar

Cara Menghitung Luas Bangunan Benar. Menghitung ukuran tanah dan bangunan adalah langkah penting untuk menetapkan harga yang sesuai hingga merancang interior rumah. Menghitung ukuran luas bangunan sebenarnya tidak terlalu sulit jika mengetahui rumus dasar. Selain itu ada cara lain untuk menghitung luas bangunan, untuk lebih jelasnya cek ulasannya berikut ini :

Menghitung Luas Bangunan dengan Microsoft Excel

menghitung luas bangunan dengan excel
skillshare.com

Untuk memudahkan menghitung, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Excel. Rumus mencari setengah keliling segitiga (S) sama seperti rumus di atas. Jika kamu ingin mencari luas, maka penggunaan rumusnya sedikit berbeda.

Cara menghitung akar pada Microsoft Excel menggunakan rumus = SQRT (angka).

Jika sudah mendapatkan hasilnya, jumlahkan dengan rumus =SUM (rentang data).

Menghitung Luas Bangunan dengan AUTOCAD

bing.com

Selain menggunakan rumus dan Microsoft Excel, kamu juga bisa menggunakan software Autocad. Ada bermacam-macam aplikasi Autocad, salah satu yang paling populer adalah software bernama DraftSight.

Lisensi serial number software ini gratis sehingga tak mengherankan banyak orang yang menggunakannya. Jika software sudah siap, begini cara menghitung luas bangunan dengan software Autocad yang bisa kamu ikuti:

  • Buat gambar denah dengan garis polyline agar seluruh garis saling menyatu.
  • Klik garis yang telah tergambar agar semuanya ter-block, tandanya garis yang semula terlihat lurus berubah menjadi putus-putus.
  • Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan tombol enter pada keyboard dan keluar halaman baru yang menginformasikan area dari tanah yang telah kamu gambar.
  • Untuk melakukan ini, kamu harus memiliki kemampuan menggambar yang mumpuni ya, sebab bentuk gambar yang salah akan membuat perhitungannya menjadi tidak akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *