Cara dan Tips Memilih Plafon yang Cocok

Cara dan Tips Memilih Plafon yang Cocok. Memiliki rumah dengan tampilan cantik dan nyaman merupakan keinginan banyak orang. Namun orang akan mengutamakan kenyamanan daripada hal lain, maka dari itu kamu perlu memperhatikan faktor-faktor pendukung salah satunya adalah plafon. 

Pemilihan plafon perlu memiliki perhatian yang ekstra karena cuaca yang cukup lembab. Bagaimana cara memilih plafon yang cocok, daripada bingung, simak tips dan cara memilih plafon yang cocok berikut ini :

Perhatikan Jenis Plafon Pilihan

memilih plafon
bing.com

Jenis plafon yang kerap digunakan di pada rumah-rumah di negara kita ini dibagi berdasarkan material pembuatnya. Ada beberapa bahan yang lazim dipilih sebagai material jenis plafon, sebagai berikut :

  • Plafon Triplek
  • Plafon Gypsum
  • Jenis Plafon GRC

Perhatikan Ketinggian Plafon

Rata-rata udara di Indonesia cenderung panas dan paparan sinar mataharinya cukup menyengat, maka itu sangat dianjurkan untuk:

  • membuat ventilasi
  • memperbanyak bukaan di rumah
  • membuat plafon yang tinggi

Dengan plafon yang tinggi, maka sirkulasi udara pun dapat lebih lancar sehingga dapat menurunkan dan mendinginkan suhu ruangan dalam rumah.

Memerhatikan Warna Plafon

bing.com

Warna putih masih menjadi pilihan untuk mewarnai plafon rumah karena dianggap memberikan kesan lapang, terang, dan bersih. Warna-warna terang layaknya putih, biru muda, dan hijau muda sangat cocok sebagai solusi dengan plafon rendah.

Sementara itu pada plafon dengan tinggi menjulang, warna yang dapat diaplikasikan lebih bebas lagi. Warna-warna hangat seperti merah, oranye, dan kuning atau bahkan warna gelap seperti ungu dan coklat dapat digunakan, Dengan warna-warna tersebut, rumah pun akan tampil lebih hangat.

Note : perlu diingat, kita harus pandai-pandai memadukannya dengan warna dinding agar rumah tidak menjadi panas.

Variasi Model Plafon

Cukup banyak variasi plafon yang bisa diaplikasikan untuk rumah, salah satunya adalah variasi void (plafon yang tingginya menerus hingga ke bagian atap lantai atas). Variasi ini khusus digunakan untuk rumah dengan dua lantai atau rumah bertingkat.

Dengan menggunakan void, ruangan pada rumah berlantai dua atau lebih pun akan terasa lebih sejuk. Selain itu, rumah juga akan lebih terkesan lega dan terang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *