Memilih Pompa Air yang Bagus

Memilih Pompa Air yang Bagus. Air kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua orang mendapatkan aliran air, beberapa diantaranya masih menggunakan sumur. Untuk mengambil dari sumur, kamu perlu alat pompa air untuk mempermudah pengambilan. Untuk mendapatkan pompa air yang bagus, kamu bisa mengikuti tips memilih pompa air berikut ini :

ilustrasi memilih pompa air
pinterest.com

Faktor Kedalaman Sumber Air, Jenis dan Kapasitas

Pada tips memilih mesin pompa yang pertama ini kamu harus mengetahui kedalaman sumber air di rumahmu. Beda kedalaman air sumurnya, berbeda juga kebutuhan mesin pompanya. Kamu perlu mengetahui dengan tepat kedalaman sumur, misalnya 9 meter, 20 meter, atau mungkin di atas 20 meter. Dengan mengetahui kedalaman air sumur di rumahmu kamu bisa memilih jenis pompa yang tepat.

Selanjutnya, kamu perlu memilih pompa sesuai dengan jenisnya. Pompa memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan keperluan, mesin water pump sudah di sesuaikan fitur dan kemampuan untuk kedalaman sumber air. Setelah itu kamu bisa memutuskan memilih mesin pompa air mini atau mesin pompa biasa yang bagus untuk sumur bor, sumur dangkal, semi jet pump, atau jet pump.

Memilih Pompa Air Berdasarkan Ukuran Mesin

Nah, faktor berikutnya ini juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Mesin pompa memiliki ukuran yang berbeda yang juga dibekali dengan kemampuan berbeda. Ada mesin yang ukurannya kecil yang biasanya untuk di dalam ruangan dan lokasi-lokasi yang sempit. Ada juga mesin yang berukuran besar dan biasanya disimpan di luar ruangan. Jenis mesin pompa air mana yang terbaik untukmu? Silahkan sesuaikan dengan tempat dan kebutuhan.

Perhatikan Spesifikasi Pompa

Kamu tahu kan setiap mesin pompa bahkan meskipun bermerek sama pasti memiliki spesifikasi berbeda? Spesifikasi ini biasanya dilihat dari daya sedot dan daya dorong yang dimiliki setiap mesin pompa. Kuncinya, kamu harus menyesuaikan spesifikasi mesin pompa yang kamu pilih dengan kedalaman sumur.

Selain itu, sesuaikan juga spesifikasinya dengan debit air yang kamu butuhkan sehari-hari. Jangan sampai daya sedot pompa terlalu kecil sementara sumurnya cukup dalam dan kebutuhan pasokan airnya besar.

Selanjutnya kamu bisa mencari tahu informasi produksi debit air mesin pompa dengan membacanya pada buku petunjuk. Jika dirasa kurang jelas, kamu bisa menanyakan langsung pada penjual agar informasinya lebih lengkap. 

Note : biasanya setiap jenis mesin pompa yang sesuai dengan kedalaman air sumur selalu dapat memenuhi kebutuhan debit airnya.

pinterest.com

Faktor Suara Mesin Pompa

Jangan salah, banyak juga mesin pompa air bermerek ternama namun ternyata menghasilkan suara mesin yang bising. Kamu tidak mau kan ketenangan di rumah selalu terganggu oleh polusi suara dari mesin pompa? Ketika membeli produk baru, perhatikan dahulu apakah pompa airnya bersuara kasar atau tidak. Suara mesin yang kasar dan sangat berisik, bisa jadi pertanda mesin tersebut mengalami kerusakan.

Memilih Pompa Air sesuai Daya Listriknya

Bagaimana jadinya jika setiap kali mesin pompa nyala, listrik di rumahmu mati? Nah, untuk menghindari kejadian buruk tersebut, kamu harus memperhatikan juga kebutuhan listriknya. Perhatikan apakah mesin pompa yang kamu pilih juga dapat dipakai dengan kapasitas listrik yang ada di rumahmu.

Misalnya, mesin pompa biasa memiliki daya 125 atau 200 watt dan jet pump berdaya listrik 100 hingga 250 watt. Ingat, besaran daya listrik pompa air tidak berbanding lurus dengan besaran daya sedotnya.

Cara Memilih Pompa Air yang Sesuai Anggaran

Tips memilih pompa yang terakhir sekaligus yang terpenting dari semuanya yaitu pertimbangan mengenai harga pompa air. Kamu juga perlu mempertimbangkan dana yang dianggarkan untuk membeli mesin pompa. Biasanya pengaruhnya adalah merek atau kualitas mesin pompa yang kamu beli.

Jika anggaran terbatas dan kamu ingin tetap membeli mesin pompa dengan spesifikasi yang sama baiknya, lebih baik membeli mesin pompa bekas namun berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *