Memaksimalkan Kipas Angin Sebagai Pendingin

Memaksimalkan Kipas Angin Sebagai Pendingin. Cuaca panas membuat suasana ruangan panas yang tidak mengenakkan. Untuk mendinginkan ruangan, orang akan menggunakan AC. Namun tidak semua orang memiliki AC, banyak orang yang lebih memiliki kipas angin saja.

Agar ruangan tetap dingin meskipun menggunakan kipas angin, ikuti tips memaksimalkan penggunaan kipas angin berikut ini :

Kipas Exhaust

mendinginkan kipas angin
pinterest.com

Hidupkan saat Cuaca di Luar Lebih Dingin

Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin pertama adalah dengan menghidupkannya saat cuaca di luar ruangan lebih dingin. Hal tersebut biasanya terjadi pada malam atau dini hari. Jangan sesekali menyalakan kipas saat cuaca sedang panas-panasnya. Bukannya membuat ruangan jadi lebih sejuk, malah membuat suasana di ruangan jadi lebih hangat.

Gunakan Lebih dari Satu Kipas Angin

Kipas angin akan bekerja lebih baik jika kamu menggunakan lebih dari satu kipas untuk menciptakan angin silang. Untuk mengaplikasikan cara ini, memilih lokasi yang tepat sangatlah penting. Idealnya, kipas angin meniupkan udara ke dalam ruangan dengan sisi utara adalah sisi yang paling teduh. Jika kamu tinggal di rumah bertingkat, tempatkan kipasnya ke dalam di lantai bawah yang lebih dingin.

Kipas Angin Berdiri

mendinginkan kipas angin
pinterest.com

Buat Angin Silang

Pada dasarnya, membuat angin silang berarti mengeluarkan udara panas dan udara dingin masuk. Tutuplah jendela, pintu, dan tirai di siang hari untuk menghindari sinar matahari masuk. Lalu, bukalah jendela dan letakkan satu kipas menghadap ke luar jendela. Untuk kipas kedua, hadapkan anginnya ke dalam untuk mengalirkan udara dingin ke dalam ruangan.

Memanfaatkan Seember Es

Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin adalah memanfaatkan seember es. Menempatkan seember es di depan kipas angin akan terasa seperti menggunakan AC buatan sendiri. Alhasil, cara satu ini bisa dicoba saat ingin udara dingin di sekitar ruangan.

Bekukan Botol

Membekukan botol plastik berukuran 1 liter dan menutupnya dengan kain basah adalah cara terbaik untuk mendinginkan ruangan. Kamu hanya perlu memosisikan botol beku tersebut di depan kipas angin agar ruangan menjadi lebih segar.

Kipas Angin Gantung

pinterest.com

Pastikan Putarannya Berlawanan Jarum Jam

Saat musim kemarau, ada baiknya jika pastikan kipas angin gantung berputar berlawanan arah jarum jam. Hal ini akan mendorong udara lurus ke bawah dan menciptakan sensasi angin dingin. Cara mendinginkan ruangan dengan kipas angin ini berbeda saat musim hujan datang. Ada baiknya jika kipas anginnya berputar searah jarum jam untuk membuat ruangan tetap hangat.

Matikan Saat Tinggalkan Ruangan

Banyak orang yang kerap membiarkan kipas angin menyala saat meninggalkan sebuah ruangan. Padahal, kamu wajib memastikan bahwa kipas angin sudah dimatikan saat tidak digunakan. Membuang-buang energi untuk menyalakan kipas angin justru bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Selain itu, ini juga bisa menjadi penyebab tagihan listrik membengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *