Aturan Agar Rumah Selalu Bersih

Aturan Agar Rumah Selalu Bersih. Kebersihan rumah adalah hal yang harus diperhatikan karena bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu kesehatan. Semakin banyak orang maka rumah akan semakin cepat kotor sebuah ruangan itu. Untuk meminimalisir kotornya rumah, buat aturan-aturan berikut :

Simpan Sepatu di Luar Rumah

Sepatu yang disimpan di dalam rumah bisa mengotori lantai, terlebih saat musim hujan tiba. Buatlah tanda pengingat di depan rumah agar anggota keluarga dan tamu selalu meletakkan sepatu mereka di luar rumah.

Segera Cuci Piring

Kebiasaan banyak orang di rumah adalah menunggu piring menumpuk untuk membersihkannya. Padahal, “pemandangan” tumpukan piring dapat merusak tampilan dapur yang bersih dan membuatnya terasa tidak nyaman. Untuk itu, hindari menunda-nunda kegiatan ini.

aturan rumah selalu bersih
pinterest.com

Merapikan Dapur Sambil Memasak

Salah satu trik agar dapur terlihat terus selalu bersih adalah dengan membersihkannya secara efisien. Contohnya, kamu bisa merapikan dapur ketika sedang melakukan kegiatan memasak, salah satunya adalah menunggu kue di oven matang.

Letakkan Keset di Pintu Masuk

Meskipun terkesan sederhana, trik ini akan menyelamatkanmu dari tumpukan debu yang berasal dari luar. Menempatkan keset di pintu masuk akan membantu “menyaring” kotoran seperti debu hingga lumpur yang menempel di kaki.

pinterest.com

Sediakan Tisu atau Lap

Makanan atau minum bisa saja tumpah begitu saja di berbagai area di dalam rumah. Pastikan agar kamu menyimpan tisu atau lap di area yang strategis agar situasi tersebut dapat ditangani dengan cepat.

Selalu Kembalikan Barang pada Tempatnya

Merapikan buku salah satu aturan agar kebersihan rumah terjaga Pastikan untuk selalu menempatkan barang-barang yang sudah dipakai, seperti sapu atau lap pel, ke tempatnya semula. Selain rumah terasa lebih bersih, peralatan rumah tangga tersebut juga pastinya akan lebih awet.

pinterest.com

Mengepel dan Menyapu Setiap Hari

Agar rumah terasa nyaman, biasakan untuk menyapu rumah setidaknya sekali setiap hari. Lalu, kamu juga sebaiknya menyapu lebih dari sekali jika banyak sekali penghuni di rumah.

Agar tugas membersihkan rumah terasa lebih ringan, berikanlah setiap orang tugas tertentu. Semakin banyak anggota keluarga yang berpartisipasi, semakin sedikit dan cepat pula proses membersihkan rumah.

Merapikan Tempat Tidur

Menjadikan ini sebagai kebiasaan akan membuat rumah terasa rapi setiap saat. Sebaiknya, selalu merapikan tempat tidur sesaat setelah kamu bangun. Alhasil, kamu akan menemukan kamarmu rapi setiap ingin beristirahat sehabis hari yang melelahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *