Model Talang Air Rumah dan Tips

Model Talang Air Rumah dan Tips. Talang air merupakan fitur yang diperlukan untuk mengalirkan air dari atap ke bawah. Umumnya talang air dibuat dengan pipa pvc karena mudah pemasangan dan diproses. Talang air terbagi dalam beberapa model seperti di bawah ini : 

Half Round

model talang air half round
pinterest.com

Half Round, bentuk talang umum yang digunakan di rumah-rumah. Bentuknya menyerupai bentuk U memudahkan kamu dalam merawat hingga mengenalinya. Jika terdapat kotoran di saluran talang air, kamu bisa membersihkannya dengan mudah tanpa bersusah payah.

Talang air half round yang umumnya menggunakan bahan logam hingga pipa pvc untuk pembuatannya, ia bermaksud untuk tidak menonjolkan aliran air di atap. Adapun penggunaan talang ini cocok digunakan untuk rumah bergaya modern hingga klasik.

K-Style

carolinagutterco.com

K-Style merupakan salah satu talang air yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bentuk talang air ini mampu untuk menampung air dengan volume yang cukup banyak dibanding bentuk lain. Selain itu, tampilan talang air ini juga cocok untuk dijadikan dekorasi tambahan untuk rumah minimalis. Model ini akan membuat hunian semakin cantik.

Victorian Ogee

model talang air victorian ogee
guttermaid.com

Lalu ada model victorian ogee yang memiliki kedalaman dangkal dibanding bentuk sebelumnya. Umumnya talang air ini dibuat dengan aluminium ringan dengan bentuk klasik atau tradisional. Jadi jangan heran jika kamu menemukan talang moden ini di rumah-rumah eropa yang curah hujan kecil.

Tips Memilih Talang Air

angi.com

Menentukan ukuran

JIka dilirik dari kebutuhannya, talang air yang memiliki daya tampung besar akan lebih diminati dibanding hanya melirik tampilannya saja. Namun jangan terlalu paku dengan ukuran dan mengabaikan konsep rumah yang digunakan.

Standar ukuran pipa 3 inci biasanya dapat mengalirkan 225 liter air per menit. Sementara untuk pipa talang diameter 4 inci mampu mengalirkan 547 liter air per menit.

Pemasangan sesuai

Setelah menentukan ukuran selanjutnya adalah perhatikan kemiringan talang air. Ini penting, karena jika kemiringan kurang bukannya air mengalir ke bawah malah akan menggenang di talang air. Tentukan tinggi titik awal hingga titik rendah. Tandai lokasi, potong talang lalu pasang di lokasi yang ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *