Cara Menyelamatkan Furnitur Terkena Banjir.

Cara Menyelamatkan Furnitur Terkena Banjir. Saat banjir, barang-barang berharga terutama furnitur akan rusak. Namun kamu bisa menyelamatkannya dengan cara berikut :

Furnitur kayu

furnitur
alibaba.com

Furnitur kayu sangat umum digunakan oleh masyarakat, benda tersebut bisa diselamatkan namun perlu diperhatikan material yang digunakan. Jika kamu menggunakan furnitur kayu berlapis atau sejenis MDF maka kemungkinan diperbaiki sulit. Lain halnya jika furnitur terbuat dari kayu solid, kamu bisa menyelamatkannya dengan langkah berikut :

  • Keringkan furnitur yang terendam banjir.
  • Bersihkan bagian yang kotor.
  • Laplah sudut-sudut yang tidak terkena sorot sinar matahari untuk menghilangkan kelembaban.
  • Jika tingkat kelembaban tinggi, tentu akan memicu pertumbuhan jamur dan lumut.
  • Bersihkan bintik jamur putih pada furnitur menggunakan terpentin.
  • Laplah seluruh furnitur menggunakan lap kering.
  • Rekatkan veneer yang rusak ringan menggunakan lem kayu.

Untuk pengeringan kayu terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjemur secara langsung di bawah sinar matahari. Biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga sebuah furnitur kayu kering total.

Kedua bongkar furnitur jadi beberapa bagian. Cara ini ampuh untuk mempercepat proses pengeringan. Namun jangan lakukan pada saat furnitur masih basah, tunggu hingga sedikit mengering. Setelah itu, bongkarlah panel-panel pintu lemari, rak, dan laci di dalamnya.

Sofa Kain Sebaiknya Buang atau Selamatkan Asal…

furnitur
pinterest.com

Jika kamu memiliki furnitur sofa berlapis kain, relakan saja untuk dibuang. Melansir dari kompas.com, para ahli merekomendasikan untuk membuang sofa berlapis kain kecuali jika sofa merupakan barang antik dan berharga bisa disimpan. Alasan kenapa kamu perlu membuangnya adalah air di sofa akan mempercepat pertumbuhan bakteri dan kuman yang akan membuat keluargamu akan sakit di kemudian hari.

Namun sofa kain berlapis bisa diselamatkan jika furnitur belum lama terendam banjir. Yang perlu dipastikan adalah sofa hanya terendam sedikit. Cara untuk menyelamatkannya seperti berikut :

  • Pisahkan sofa berlapis kain dari barang berwarna lainnya, supaya warna tidak luntur.
  • Jemur sofa untuk mencegah jamur dan lumut.
  • Jika diperlukan, gunakan hair dryer atau kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.
  • Bersihkan bagian yang kotor (sebaiknya sewa jasa profesional).

Ambil Foto Keadaan Rumah

generalsouthwest.com

Langkah ini bisa dibilang merupakan hal pertama yang kamu perlu lakukan jika rumah dilindungi oleh asuransi. Karena foto tersebut digunakan sebagai bukti untuk mengajukan klaim ke asuransi. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot memikirkan membeli furnitur baru karena asuransi akan menggantinya.

Selain itu, foto tersebut dapat digunakan sebagai bahan analisis kerusakan. Melalui foto tersebut, kamu bisa melihat bagian mana saja yang perlu diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *