Kusen Cor Vs Kusen Kayu, Mana yang Terbaik

Kusen Cor Vs Kusen Kayu, Mana yang Terbaik

kusen cor
cornerstoneproductsllc.com
kusen kayu
ingranite.co.uk

Setiap material bangunan di pasaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja seperti material kusen yang digunakan. Umumnya orang akan menggunakan kusen kayu dan ada juga yang menggunakan kusen cor. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dikategorikan sebagai berikut :

Bobot

Kusen yang berbahan dari cor tentunya memiliki bobot lebih berat dan pengangkutannya membutuhkan lebih banyak orang. Sedangkan kusen kayu bisa dikatakan berat atau ringan sesuai dengan bahan yang digunakan. Namun jika dibandingkan dengan kusen cor, tentu kusen kayu lebih ringan dan proses pengangkutannya pun tidak membutuhkan banyak orang.

Bentuk

Untuk masalah bentuk, mau itu kusen dari cor maupun kayu memiliki variasi yang beragam bahkan kamu bisa request bentuk secara custom. Nah yang membedakan, kusen cor tidak bisa diperbaiki ataupun diubah sedangkan kusen kayu masih bisa diubah dan dapat disesuaikan ulang.

Ketahanan

Untuk masalah ketahanan, kusen cor bisa dibilang sangat baik karena tidak mudah bengkok dan dapat membantu menopang struktur bangunan. Kusen cor kuat pada berbagai suhu hingga tidak menghantarkan listrik.

Sedangkan kusen kayu dibandingkan dengan kusen cor, lebih mudah rusak. Hal umum yang seringkali membuat kusen rusak adalah rayap setelah itu kondisi lembab hingga memuai. 

Proses Pemasangan

Saat memasang kusen cor, kamu perlu hati-hati saat memindahkannya karena ia mudah retak dan jika terkena benturan keras bisa-bisa kusen patah. Hal ini membuat tukang memerlukan waktu yang cukup lama. Sama halnya dengan kusen cor, kusen kayu juga memerlukan pemasangan yang lama. Namun tidak mudah rusak seperti kusen cor.

Note : Untuk harga tiap daerah berbeda-beda, namun jika berbicara tentang kisaran harga, kusen cor lebih murah dibanding kusen kayu yang umumnya berkualitas dan material pembuatannya yang kian dikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *