Bahan Plamir Kayu, Percantik Kayu

plamir kayu
bing.com

Bahan Plamir Kayu, Percantik Kayu. Berbagai bahan material untuk bahan bangunan terutama furnitur seperti papan, kaso hingga triplek pastinya memerlukan pelapis atau plamir yang biasa kita sebut. Karena bahan tersebut pastinya akan terjadi pelapukan yang menghasilkan rongga dan pori, maka dari itu kita memerlukan plamir. Untuk kamu yang ingin tahu tentang plamir ini berikut sedikit ulasan tentang plamir kayu

Fungsi plamir kayu

Plamir kayu dapat membantu memadatkan rongga yang terdapat pada kayu sehingga belih solid, padat dan memudahkan proses finishing. Plamir kayu juga membuat kayu menjadi lebih baik sehingga penggunaannya cenderung lebih awet dan tahan lama. Selain itu plamir kayu juga bisa kamu gunakan untuk menutupi kerusakan dan cacat akibat proses pemakuan sehingga permukaan kayu akan kembali rapi dan mulus, plamir kau juga bisa menyamarkan goresan yang terdapat pada kayu.

Kelebihan

Kelebihan plamir kayu yang pertama menjaga kualitas hasil finishing dari produk kayu yang diproduksi dengan karakter halus, awet dan tentunya tidak mudah terkena rayap. Selain itu juga penggunaan plamir kayu bisa menutupi lubang bekas serangga yang mungkin terjadi saat kayu masih berupa pohon dan kesalahan proses produksi yang menyebabkan adanya lubang bekas paku. Plamir juga bisa menutupi noda dari jamur berwarna hitam atau kebiruan secara maksimal.

Kekurangan

Plamir terbuat dari serbuk kayu dengan bahan lem putih atau lem cyanoacrylate, proses pengerjaan biasanya memerlukan waktu yang lama karena lapisan plamir belum kering, selain itu plamir yang terbuat dari kombinasi bahan tersebut cenderung lebih dulit untuk di amplas dan berpotensi terdapat bekas lem yang susah dihilangkan.

Tips memilih plamir kayu yang bagus

Plamir kayu memiliki berbagai jenis yang ada di pasaran. Namun kami menyarankan untuk memilih plamir yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu menempel ke dalam substrat kayu saat kering karena dapat mempengaruhi hasil finishing. Plamir kayu yang baik tidak mengendap dan cenderung lebih mudah terkelupas saat di amplas dan dapat mengisi pori-pori secara padat. Pilihlah produk yang memiliki standarisasi , lebih cepat kering dan hanya memerlukan proses amplas yang ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *