Beberapa Fakta Memasang Panel Surya

Beberapa Fakta Memasang Panel Surya. Untuk mereka yang memasang panel surya di rumah tentunya telah melalui berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu berkonsultasi dengan penyedia jasa. Setelah itu kamu bisa mendapatkan informasi mengenai penggunaan sistem panel surya sesuai kebutuhan.

Dikutip dari SolarKita, berikut beberapa fakta jika kamu memasang panel surya.

panel surya
sudhirpower.com

Menghemat Biaya Listrik

Terdapat sejumlah keuntungan memakai produk ini mulai dari harga listrik yang mudah dan bisa menghemat biaya tagihan listrik. Kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam mengurangi polusi udara. 

Mereka yang menggunakan panel surya bisa melakukan penghematan listrik memang tergantung pemakaian. Rata-rata pemakaian listrik yang normal bisa menghemat biaya tagihan listrik hingga 50 persen perbulan. 

Tetapi, kalau pemilik rumah bisa melakukan pola hidup yang hemat listrik, penghematan bisa mencapai 70 persen.

Diperlukan Rangka Baja Ringan atau Kuat Menahan Beban

Jika kamu ingin memasang panel surya di rumah, cek dulu apakah rumah sudah memiliki struktur rangka baja ringan atau tidak. Beban rata-rata piranti ini per unit berukuran standar yaitu 1×2 meter adalah sekitar 22 kg per panel. 

Struktur rangka baja ringan kuat untuk menahan beban tersebut, namun lain cerita kalau masih menggunakan kayu, kamu harus memeriksa terlebih dahulu. 

Perawatan yang Mudah

Untuk merawat peralatan ini sebenarnya sangat mudah sekali dengan membersihkan permukaan panel setiap 3 bulan sekali. Perawatan dilakukan untuk menjaga efisiensi produksi listrik dari panel surya agar tetap baik setiap saat. 

panel surya
alibaba.com

Panel surya tetap berfungsi saat hujan 

Panel surya memerlukan sinar matahari untuk menghasilkan listrik, jika hujan dan masih ada matahari maka cahaya matahari masih bisa diserap panel. Tetapi, jumlah produksi listriknya tentu lebih kecil kalau dibandingkan dengan saat kondisi cuaca cerah. 

Untuk solusi tersebut kamu bisa memilih dari dua cara. Pertama kamu bisa menggunakan panel surya on-grid regular, sehingga rumah mengambil listrik secara otomatis dari PLN. Kedua adalah memakai sistem hybrid, rumah akan menggunakan listrik dari baterai, setelah habis baru memakai listrik dari PLN. 

Listrik dari panel surya digunakan lebih dulu

Sistem panel surya memiliki komponen yang disebut inverter yang berfungsi untuk mengubah arus DC atau searah menjadi AC atau dua arah. Alat ini juga berfungsi untuk memastikan kalau listrik dari peralatan ini yang lebih dulu digunakan ketimbang PLN. Kalau listrik dari panel surya tidak mencukupi, secara otomatis rumah akan mengambil listrik dari PLN, dan proses ini berlangsung otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *