Material Kayu yang Cocok Pintu Rumah

Material Kayu yang Cocok Pintu Rumah

See the source image, material kayu
pinterest.com

Kayu Pinus

Kayu jenis pinus terbilang halus, oleh karena itu cocok sebagai pintu tidur yang letaknya berada di dalam ruangan. pintu dengan bahan kayu pinus memiliki kelebihan daya tahan terhadap perubahan suhu. Dengan ketahanan tersebut, kayu ini tidak mudah menyusut atau membengkak.

Kayu Jati

Kayu jati terkenal kuat, awet, dan indah seratnya meski harganya bisa dibilang mahal. Kayu jenis ini juga memiliki banyak ragam pilihan warna. Maka tidak heran jika banyak orang yang menyukai kayu jati.

pintu yang dibuat dari kayu jati memiliki bobot yang sangat berat dan padat. Karena kekukuhannya itu, kayu ini kuat terhadap perubahan suhu, serangan rayap, dan pembusukan kayu. Selain bagus sebagai pintu dalam rumah, pintu ini juga bagus sebagai pintu luar karena kukuh.

Kayu Mahoni

Jenis kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang sering dipakai dalam industri perkayuan, sama seperti kayu jati. Kayu mahoni banyak digunakan sebagai bahan pembuatan mebel seperti meja dan kursi. Kayu ragam ini banyak dipakai karena cenderung stabil.

See the source image, material kayu
pinterest.com

Kayu mahoni ini cocok digunakan untuk diluar dan di dalam ruangan. Namun jika disandingkan dengan kayu jati, orang-orang lebih senang menempatkan furnitur berbahan kayu mahoni di dalam ruangan. Kayu mahoni cocok sebagai bahan pintu. 

Kayu Kamper

Kayu kamper bagus sebagai bahan pintu karena kayu jenis ini memiliki ketahanan yang mendekati kekukuhan kayu jati. Ditambah lagi, kayu kamper ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda yang memiliki bujet terbatas karena harganya yang relatif terjangkau.

Selain harga pintu yang terjangkau dengan kualitasnya yang mendekati kayu jati, kayu kamper ini juga mempunyai serat yang mudah saat dihaluskan. 

Kayu Merbau

pintu dari jenis kayu merbau dikenal stabil dan keras. Kayu merbau juga tidak mudah dirusak rayap. Kandungan minyak alami di dalamnya membuat serangga ini tidak suka menggerogoti kayu jenis ini. Karena tidak disukai rayap, pintu Anda tidak akan mudah keropos.

Dengan karakteristik yang stabil dan keras, kayu merbau memiliki tingkat penyusutan dan daya retak  yang rendah. Tingkat kekerasannya ini menjadi kelemahan dari kayu jenis ini, membuat proses pengerjaannya menjadi sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *