Hal Penting Saat Mengecat Kayu

Hal Penting Saat Mengecat Kayu. Mengecat material kayu, memang pekerjaan yang bisa dibilang cukup berat. Mengecat kayu perlu persiapan yang harus diperhatikan diantaranya : 

Peralatan, Bahan pendukung dan Cat yang Digunakan

minwax.com

Ada beberapa peralatan yang bisa digunakan untuk mengecat kayu, masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun sebaiknya, kamu memperhatikan kayu yang akan dicat, karena itu akan menentukan hasil akhir dari cat. Peralatan yang digunakan sebenarnya tidak banyak, jadi lebih baik membeli peralatan yang berkualitas tinggi agar hasilnya catnya bagus dan tahan lama.

Kuas

Belilah ukuran kuas yang sesuai dengan bidang kayu yang akan kamu cat. Pilih kuas dengan ukuran 4 inci untuk bidang yang luas dan 1,5 inci untuk bagian siku-siku. Pilihlah kuas yang menggunakan nylon atau bulu sintetik yang halus.

Roller

Alat yang satu ini diperuntukkan untuk mengecat bidang yang sangat luas. Sangat cocok untuk bidang kayu yang tidak memiliki detail khusus. Pilih roller 7 inci berkualitas tinggi yang dapat digunakan ulang.

Bahan pendukung dan Cat

Material kayu memiliki pori-pori yang harus ditutupi. Kamu juga harus menyiapkan dempul, cat dasar, cat warna, dan top coat untuk menghasilkan kayu yang menawan.

Cat yang tersedia di pasaran memiliki karakter dan keunggulannya masing-masing. Usahakan memilih cat yang berjenis water based agar hemat dana karena bahan pelarutnya cukup menggunakan air saja.

Teknik Cat Mengecat Kayu

mengecat kayu
pinterest.com

Terdapat tiga cara utama yang harus kamu pahami dalam mengecat kayu menggunakan kuas :

  1. Celupkan bulu kuas ke dalam larutan cat sedalam 2 inch, lalu ketukkan kuas ke bibir wadah untuk mengurangi beban catnya
  2. Sapukan kuas ke permukaan kayu sebanyak 2-3 sapuan dan ulangi langkah ini hingga bagian yang ingin di cat tertutupi (jangan khawatir hasil tidak rata)
  3. Haluskan permukaan dengan menggunakan satu sapuan kuas yang panjang pada permukaan yang masih basah, lalu angkat kuas agar tidak meninggalkan bekas apuan.

Berikut cara mengecat menggunakan roller :

  1. Gulungkan roller pada cat lalu aplikasikan pada kayu dengan tekanan stabil dan tidak terlalu keras (ikuti arah serat kayu)
  2. Kalau ada bagian yang kurang halus, gunakan kuas untuk menghaluskannya

Teknik Bagian Kecil

  1. Mulailah dengan mengambil garis lurus dari bagian ujung siku
  2. Lanjutkan mengecat bagian sisi yang lainnya dengan ketentuan mulai dari sisi sebelum mengecat bagian dalamnya
  3. Jangan lupa untuk sesekali mengangkat kuas selagi mengecat agar tidak meninggalkan brush mark

Note : tutup permukaan kayu sebanyak mungkin baru kemudian menghaluskan bagian yang tidak rata. Jika pada awal sapuan kurang merata, hal itu sangat wajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *